Jumat, 20 September 2013

Daun Lengkap dan Daun Tidak Lengkap

Daun merupakan tempat proses fotosintesis sehingga pada umumnya pipih dan melebar. Daun lengkap terdiri dari bagian pelepah daun (vagina), tangkai daun(petiolus) dan helai daun(lamina). Jika tidak mempunyai salah satu atau kedua bagian tersebut maka di sebut daun tidak lengkap. Berikut beberapa contoh jenis daun lengkap dan tidak lengkap.

1.      Daun Rambutan (Nephelium lappaceum)
Kerajaan:
(tidak termasuk)
(tidak termasuk)
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
N. lappaceum
Nephelium lappaceum
Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atauSapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.
Daun rambutan merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.

2.      Daun nangka (Artocarpus heterophyllus )
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. heterophyllus
Artocarpus heterophyllus

Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5-25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.
Daun nangka merupakan jenis daun Tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun, dan lazimnya disebut Daun bertangkai.

3.      Daun Sirih ( piper betle )

Kerajaan:
(tidak termasuk)
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. betle
Piper betle
Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang.
Daun sirih merupakan daun tidak lengkap (folium incompletus) karena sirih tidak memiliki pelepah daun (vagina) melainkan hanya memiliki tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina).

4.      Daun mangga (Mangifera indica)
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. indica
Mangifera indica
 
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang daunnya tidak lengkap  karena hanya terdiri dari tangkai (petiolus) dan helaian daun (lamina) saja. Bangun daunnya memanjang, ujung daun meruncing, dan pangkal daunnya tumpul. Tumbuhan ini memiliki daging daun kulit atau belulang dengan tepi daun yang rata (integer).


5.      Daun Pisang (Musa paradisiaca)
 Kingdom : Plantae
• Division : Magnoliophyta
• Class : Liliopsida
• Order : Zingiberales
• Family : Musaceae
• Genus : Musa
• Species : Musa Paradisiaca
Daun pisang merupakan daun yang lengkap karena terdiri dari pelepah daun (vagina) yang saling  membalut dengan daun yang lain, tangkai daun (petiolus) dan helaian daunnya (lamina) lebar dengan  bangun daun yang berbentuk jorong (ovalis atau ellipticus), ujung daun dan pangkal daunnya tumpul (obtusus), dan tepi daunnya rata (integer).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar