Sabtu, 21 September 2013

Jenis Tanaman Di Daerah Pantai

Tanaman atau tumbuhan yang hidup didaerah pantai memiliki keterikatan yang sangat erat dengan lingkungan dan alam sekitarnya. Tumbuhan yang dapat tumbuh didaerah pantai, yang umumnya berpasir, jika diperhatikan secara seksama memiliki keunikan atau ciri khas yag tidak dimiliki oleh tanaman yang tumbuh didaerah pegunungan atau daerah dataran rendah.

Daun yang terdapat pada tumbuhan pantai umumnya memiliki warna yang mengkilap dan batangnya cenderung lebih keras.

Hal itu disebabkan oleh kondisi pantai yang memiliki cuaca terik, tanah berpasir, berair payau, udara lembab serta seringkali dilanda pasang surut, sehingga tanaman yang tumbuh disana haruslah mampu beradaptasi dengan baik.

Ada beberapa jenis tanaman yang cocok ditanama didaerah pantai. Tanaman-tanaman itu memiliki toleransi yang sangat baik terhadap situasi pantai yang tergolong cukup ekstrem.

1. Bakau


Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Rhizophora
Spesies
Rhizophora apiculata
Rhizophora mangle
Rhizophora mucronata
Rhizophora racemosa
Rhizophora stylosa


Pohon besar, dengan akar tunjang yang menyolok dan bercabang-cabang. Tinggi total 4-30 m, dengan tinggi akar mencapai 0.5-2 m atau lebih di atas lumpur, dan diameter batang mencapai 50 cm. Bakau merupakan salah satu jenis pohon penyusun utama ekosistem hutan bakau.
Daun tunggal, terletak berhadapan, terkumpul di ujung ranting, dengan kuncup tertutup daun penumpu yang menggulung runcing. Helai daun eliptis, tebal licin serupa kulit, hijau atau hijau muda kekuningan, berujung runcing, bertangkai, 3,5-13 × 7-23 cm. Daun penumpu cepat rontok, meninggalkan bekas serupa cincin pada buku-buku yang menggembung.

2. Cemara Udang


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Fagales
Famili:Casuarinaceae
R.Br. dalam Flinders
Genera
Cemara udang adalah tumbuhan yang memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum dan memiliki batang yang besar serta keras.
Para penduduk Legung, yang ada di sekitar Pantai Lombang, Sumenep, Madura yakin kalau tanaman ini berasal dari Cina. Memang pohon cemara udang banyak terdapat di Cina.











3. Ketapang

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
Divisi:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Myrtales
Famili:Combretaceae
Genus:Terminalia
Spesies:T. catappa
Nama binomial
Terminalia catappa
L.
Sinonim
Terminalia moluccana Lamk.
Terminalia procera Roxb.
Terminalia latifolia Blanco, non Swartz
Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapangdengan pelbagai variasi dialeknya (misalnya Bat.: hatapang; Nias: katafa; Mink.:katapiĕng; Teupah: lahapang; Tim.: ketapas; Bug.: atapang; dll.), pohon ini juga memiliki banyak sebutan seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulut); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara);sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sebagainya.[1]
Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almond, Indian almond, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, dan lain-lain.

4. Kelapa



Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Plantae
(tidak termasuk)Monocots
(tidak termasuk)Commelinids
Ordo:Arecales
Famili:Arecaceae
Upafamili:Arecoideae
Bangsa:Cocoeae
Genus:Cocos
Spesies:C. nucifera
Nama binomial
Cocos nucifera
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.
Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

5 komentar: